BELAJAR MIKROKONTROLER UNTUK PEMULA PDF

Author: Fenrijar Dalmaran
Country: Dominican Republic
Language: English (Spanish)
Genre: Marketing
Published (Last): 16 March 2018
Pages: 180
PDF File Size: 4.82 Mb
ePub File Size: 1.12 Mb
ISBN: 197-3-94150-669-4
Downloads: 51771
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Mataur

Thank mikrokojtroler for interesting in our services. We are a non-profit group that run this website to share documents. We need your help to maintenance this website.

Please help us to share our service with your friends.

Jourdan A Picarrio Category: Arduino sudah menjadi salah satu modul mikrokontroler yang cukup populer sejak beberapa tahun ini. Sifatnya yang open source dan semakin banyak dukungan library gratis di internet adalah salah satu alasan mengapa Arduino bisa populer yang bisa ditemui di hampir setiap toko online elektronik.

Bagi para pemula, modul ini sangat bagus untuk belajar pemrograman mikrokontroler, karena kita tidak perlu mikroiontroler terlalu banyak di sisi hardware. Kita tidak perlu membuat PCB, pasang komponen, solder dan belum lagi uji coba hardware, yang cukup memakan waktu.

Tapi blajar menyarankan, jika Anda punya banyak waktu, akan lebih kikrokontroler silakan merakit sendiri, namun saya tidak bahas di artikel ini. Sebelum kita membahas pemrograman Arduino, kita tinjau dulu apa yang bisa dilakukan oleh Arduino dalam mengendalikan peralatan elektronik.

Semua jenis modul Arduino memiliki port masukan input dan keluaran output digital yang bisa dihubungkan langsung ke peralatan misalnya tombol, saklar, sensor masukan dan relay, LED keluaran. Jumlah port tergantung dari jenis Arduino, apakah Uno, Mega, atau Micro. Apa yang dapat dilakukan selain hanya sekedar mengendalikan lampu? Papan Arduino merupakan basic module yang dapat kita tumpuk secara bertingkat dengan modul tambahan lain istilah yang digunakan adalah SHEILD yang memiliki fungsi tersendiri.

  EXCEEDINGLY GROWING FAITH KENNETH HAGIN PDF

Belajar Mikrokontroler Arduino – Free Download PDF

Contoh sheild yang beredar di pasaran: Jika dilengkapi dengan GPS, dapat pula untuk mengetahui lokasi. Namun untuk aplikasi yang lebih luas, Arduino Pemla adalah yang ideal, karena memiliki kecepatan lebih tinggi, port lebih banyak dan dukungan komunikasi data yang lebih handal.

Berikut unyuk tuliskan langkah-langkah pemrograman mulai dari awal. Jika ada pertanyaan, silakan kasih komentar di bawah. Secara garis besar, langkah-langkahnya adalah instalasi software, driver dan menghubungkan modul Arduino ke PC lewat USB, baru bisa kita program.

Instalasi software dan driver. Silakan unduh perangkat lunak Arduino di website arduino. Setelah itu hubungkan perangkat papan Arduino menggunakan kabel USB. Anda tidak perlu menambahkan sumber tegangan ke modul, mikdokontroler sudah bisa aktif dengan menggunakan tegangan dari PC.

Periksa di control panelapakah sudah muncul perangkat baru di bagian serial communication. Jika sudah, berarti tidak ada kendala. Menjalankan program Arduino Eksekusi program Arduino klik icon Arduino di desktoplalu setelah muncul jendela bernuansa biru, mikrokontrkler bisa mengetes apakah Arduino dan PC sudah benar-benar terhubung.

Sekarang saatnya kita coba upload dan compile ke Arduino. Dalam hal ini kita menggunakan program yang sudah ada dalam contoh.

Belajar Mikrokontroler Arduino

Program ini dijamin tidak ada kesalahan, jadi cukup dibaca saja, jangan dimodifikasi dulu. Lalu tunggu sebentar dan perhatikan LED yang ada di papan Arduino. Setelah sukses, LED akan berkedip dengan frekwensi 1 detik. Pemrograman pada Arduino Secara struktur program pada umumnya memiliki tiga bagian utama, yaitu deklarasi variabel juga konfigurasi library jika adasub program setup dan program utama main loop. Yang pertama adalah variabel global yang cakupannya berada di seluruh program, sedangkan variabel lokal cakupannya hanya pada satu sub program atau satu loop tertentu seperti while dan for.

  ELIZABETH GROSZ BECOMING UNDONE PDF

Variabel global biasanya kita letakkan paling atas. Contohnya adalah mengatur sebuah belamar apakah sebagai input atau output. Juga untuk menyatakan variabel-variabel global dengan nilai awal.

Di dalam program utama ini, kita boleh memanggil sub program lain yang bisa juga kita buat terpisah. Juga di dalamnya bisa kita sisipi iterasi pengulangan menggunakan while atau for.

Eblajar banyak instruksi yang bisa kita pakai untuk aplikasi pemrograman di Arduino, dan semua itu bisa dilihat di website arduino.

Bagi pemula, saya kira tidak untuuk mengetahui semua, tapi cukup yang dasar saja. Instruksi yang lain bisa kita pelajari seiiring dengan tingkat kompleksitas aplikasi yang kita kembangkan.

Sedangkan untuk contoh program example silakan coba program BlinkButton dan semua di bagian contoh Control. Sampai di sini adalah yang bisa saya tulis untuk pemmula mikrokontroler Arduino tingkat mikrojontroler. Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi berkaitan dengan komunikasi data atau antarmuka dengan shield tertentu, berarti Anda sudah tidak sebagai pemula lagi.

Topik yang lebih spesifik bisa kita diskusikan lebih lanjut. Report “Belajar Mikrokontroler Arduino”. Please fill this form, we will try to respond as soon as possible. Please copy and paste this embed script to where you want to embed Embed Script.

Size px x x x x We need your help!